Untuk Info Training, in House Training, Konsultansi, Membangun Sistem (ISPO, ISO Series, OHSAS, SMK3), Kajian, Pendampingan serta Modul untuk Perbaikan dan Peningkatan Kinerja unit di Perusahaan silahkan kirim email alamat berikut: trainingperkebunan@gmail.com

Training and Consultancy


Training

1. Manajemen Produksi Tanaman Kelapa Sawit
2. Kultur Teknis Kelapa Sawit
3.Pengelolaan Hama dan Penyakit Tanaman Kelapa Sawit
4. Peningkatan Kompetensi Teknis dan Manajerial Asisten dan Mandor Tanaman
5.Penerapan dan Kriteria RSPO dan ISPO
6. Sertifikasi Asisten dan Mandor Tanaman
7. Minimalisasi Kehilangan Minyak dan Peningkatan Rendemen Pabrik Kelapa Sawit.
8. Manajemen Pemeliharaan Pabrik Kelapa Sawit Berdasarkan Pengendalian Biaya dan Kehandalan Mesin
9.Pengendalian dan Pemanfaatan Limbah Pabrik Kelapa Sawit
10.Manajemen dan Teknik Pencegahan Kecelakaan Kerja dan Kerusakan Aset Pabrik
11.Pengoperasian dan Pemeliharaan Boiler dan Turbin di Pabrik Kelapa Sawit
12. Manajemen Energi di Pabrik Kelapa Sawit
13. Sertifikasi Asisten dan Mandor Pabrik Kelapa Sawit
14. International Financial Reporting Standards (IFRS) Perusahaan Perkebunan
15.Best Practices Internal Auditing Perusahaan Perkebunan
16.Peningkatan Kompetensi KTU dan ATU Perusahaan Perkebunan.
17.Pengendalian Biaya Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit

Consultancy
1. Technical Assistant for Improvement Palm Plantation and Palm Oil Mill
2. Integrated Solution to Improve Performance of Palm Plantation and Palm Oil Mill
3. Advanced Quality System for Palm Plantation
4. ISO series (9001,14000 etc)
5. OHSAS 18001 dan SMK3

GAPKI: Kelapa Sawit Tidak Rusak Lingkungan

>> Rabu, 26 Mei 2010

Khairul Ikhwan - detikFinance
Medan - Tudingan tentang kerusakan hutan terjadi karena perkebunan sawit membuat Gabungan Perusahaan Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Sumatera Utara resah. Bertolak belakang dengan pernyataan kalangan aktivis lingkungan GAPKI justru menilai kelapa sawit berperan dalam menjaga lingkungan.

Ketua GAPKI Sumatera Utara (Sumut) Bahalman Tarigan menyatakan, dalam kurun 100 tahun terakhir tidak ada data yang menunjukkan perkebunan kelapa sawit yang menyebabkan hutan rusak. Bahkan kelapa sawit terbukti mampu menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida yang dihasilkan pabrik atau industri.

Dari peristiwa alam yang pernah terjadi, kata Bahalman, belum pernah terjadi pohon kelapa sawit terbawa banjir bandang. Pada umumnya yang dibawa adalah pohon-pohon besar yang mungkin sisa perambahan hutan.

"Ini berarti akar pohon kelapa sawit sangat kuat dan kokoh sehingga mampu mempertahankan struktur tanah. Kelapa sawit juga mampu menyerap dan menyimpan banyak air," ujar Tarigan dalam seminar nasional bertajuk Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit dan Perubahan Iklim di Convention Hall, Hotel Tiara, Jalan Cut Meutia, Medan, Kamis (29/4/2010).

Tarigan mencontohkan salah satu contoh daerah yang diuntungkan dengan perkebunan kelapa sawit adalah Padang Bolak, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumut. Dulunya daerah ini merupakan padang tandus karena hujan yang turun minim. Namun perubahan terjadi setelah ditanami kelapa sawit, iklim berubah dengan curah hujan tinggi.

Dari sisi ekonomi, kata Tarigan, manfaaatnya justru lebih besar lagi. Selain menyebabkan terciptanya multiplier effect dalam pertumbuhan industri dan lapangan kerja, juga berperan dalam pengembangan wilayah.

"Masih banyak manfaat lainnya lagi. Sudah saatnya negara dan rakyat Indonesia menjaga dan mempertahankan komoditi yang bisa menjadi kebanggaan bangsa," kata Tarigan sambil menyatakan banyaknya tudingan miring selama ini karena adanya kepentingan asing untuk menghancurkan industri kelapa sawit di Indonesia.

Berkenaan dengan pembukaan hutan untuk perkebunan sawit, Tarigan menyatakan, sebenarnya sawit itu sama dengan hutan biasa, bahkan manfaatnya lebih besar dari hutan hujan (rainforest), jadi sawit pada prinsipnya yang terjadi hanya pergantian jenis tanaman. Di Malaysia, kata dia lagi, sawit dinyatakan termasuk dalam tanaman hutan, namun di Indonesia justru tidak.

Sumber:http://us.detikfinance.com/read/2010/04/29/150922/1347894/4/gapki-kelapa-sawit-tidak-rusak-lingkungan

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to TOP